Pengenalan Android

Android adalah sebuah Sistem Oprasi untuk perangkat mobilse berbasis Linux yang mencakup sistem oprasi, middleware dan aplikasi. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengambang untuk menciptakan aplikasi mereka. Awalanya, Google Inc. membeli android Inc. yang merupakan pendatang baru yang membuat paranti lunak untuk ponsel/smartphone. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Aliance, konsorsium dari 34 perusahan paranti keras, paranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.


Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Aliance menayatakan mendukung pengembangan Open Source pada perangkat Mobile. Di lain pihak, Google merilis kode-kode Android dibawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan open platform perangkat seluler.

Baca juga: cara mengetahui persaingan suatu kata kunci menggunakan SEOQuake Toolbarnya

Didunia ini Terdapat dua jenis distributor Sistem Oprasi android. Pertama yanga dapat dukungan penuh dari goole atau Google Mail Service (GMS) dan yang kedua adalah benar-benar bebas distribusinya tanpa didukung langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Sekitar September 2007 Google mengenalkan Nexus One, salah satu jenis smartphone yang menggunakan Android sebagai Sistem Oprasinya. Telepon seluler ini diproduksi oleh HTC Corpuration dan tersedia di pasaran pada 5 Jnuari 2010. Pada 9 Desember 2008, diumumkan anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android ARM Holdings. Atheros Communication, diproduksi oleh Asustek Computer Inc, German Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc. Seiring pembentukan Open Handset aliance, OHA mengumumkan produk perdana mereka, Android, perangkat mobile yang merupakan modifikasi karnel linux 2.6. Sejak Android dirilis telah dilakukan berbagai pembaharuan brupa perbaikan bug dan penmbahan fiture baru. 

Pada masa saat ini sebagian besar vendor-vendor smartphone sudah memproduksi smartphone berbasis Android, Vebdor-vendor itu antara lain HTC, Motorola, Samsung, LG, HKC, Huawei, Archos, Webstation Camangi, Dell, Nexus, SciPhone, Wayteq, Sony Ericsson, Asus dan banyak lagi vendor di dunia yang memproduksi android. Hal ini karena Android itu sistem oprasi yang open source sehingga bebas di distribusikan dan dipakai oleh vendor manapun.

Tidak hanya menjadi sistem oprasi di smartphone, saat ini Android menjadi  pesaing utama dari Apple pada sistem oprasi Table PC. Pesatnya pertumbuhan Android selain faktor yang di sebut di atas karena adalah Android itu sendiri adalah platform yang sangat lengkap baik itu sistem oprasinya, Aplikasi dan Tool pengambangan, Market Aplikasi Android serta dukungan yang sangat tinggi dari komunitas Open Source di dunia, sehingga Android sangat berkembang pesat baik dari segi teknologi maupun dari segi jumlah device yang ada di dunia.

Android Platform Masa Depan
Android dipuji sebagai "Platform Mobile pertama yang lengkap, terbuka, dan bebas".

Lengkap (Complate Plateform): Para designer dapat melakukan pendekatan yang konperhensif ketika mereka sedang mengembangkan Platform Android. Andorid merupakan sistem oprasi yang aman dan banyan menyediakan tools dalam membangun software dan memungkinka untuk peluang pengembangan aplikasi.

Terbuka (Open Source Platform): Platform Android disediakan melalui lisensi open source. Pengembang dapan dengan bebas untuk mengembangkan aplikasi. Andorid sendiri menggunaka Linux Karnel 2.6.

Free ( Free Platfrom): Android adalah aplikasi yang bebas untuk devlop. Tidak ada lisensi atau biaya royalti untuk di kembangkan pada platform android. Tidak ada biaya keanggotaan diperlukan Tidak diperlukan biaya pengujian. Tidak ada kontrak yang dipelukan. Aplikasi untuk android dapat didistribusikan dan diperdagangkan dalam bentuk apapun.

Andorid merupakan generasi baru platform mobile, platform yang memberikan pengembangan untuk melakukan pengenmbangan sesuai yang di harapkannya. Sistem oprasi yang mendasari android di lisensikan dibawah GNU, General Pulic Lisensi Versi 2 (GPLv2), yang sering dikenal dengan istilah "copyleft" lisensi dimana setipa perbaikan pihak ketiga harus terus jatuh di  bawah terms. Android di distribusikan dibawah lisensi Apache Sotware (ASL/Apache), yang memungkinkan kita distibusi kedua dan seterusnya. Komersialisasi pengembang (Produsen handset khususnya) dapat memilih untuk meningkatkan platform tanpa harus memberikan perbaikan mereka ke mayarakat open source. Sebaliknya, pengembang dapat keuntungan dari perangkat tambahan seperti perbaikan dan mendistribusikan ulang pekerjaan mereka di baawah lisensi apapun yang mereka inginkan. Pengembang aplikasi Android di perbolehkan untuk mendistribusikan aplikasi mereka di bawah lisensi apapun yang merka inginkan.

Pengembang memilika beberapa pilihan ketika membuat aplikasi berbasis Android. sebagian besar pengembang menggunakan Eclipse yang tersedia secara bebas untuk merancang dan mengambangkan aplikasi Android. Eclipse adalah IDE yang paling populer untuk pengembangan Android, karena memiliki Android plug-in yang tersedia untuk memfasilitasi pengembangan android. Tetapi untuk saat ini Eclipse sudah tidak di dukung oleh Android Devloper untuk jadi IDE resminya dikarnakan sekarang ada IDE resmi buatan sendiri dari Android developer, yaitu Andorid studio. Akan tetapi untuk pembuatan software menggunakan IDE Eclipse ataupun IDE Android Studio itu sama saja. Meskipun Eclipse sudah tidak di dukung Android developer akan tetapi Eclipse masih menjadi sebagaian besar IDE para developer .

Aplikasi Andorid dapat dikembangkan pada sistem oprasi berikut:
- Windows XP/Vista/7/8/10.
- MAC OS X.
- Linux.

Baca juga: Bagaimana cara mengatahui persaingan Keywords ?

Pengenalan Android Pengenalan Android Reviewed by Abrizeni Duha Perbangga on 11:16 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.