5 Langkah Sukses Menghasilkan Uang dari Google Admob

5 Langkah Sukses Menghasilkan Uang dari Google Admob -Menghasilkan uang dari online banyak caranya, tidak hanya melalui program periklanan seperti google adsense, affiliasi marketing, dan lain-lain.  Salah satunya yaitu melalui google admob. 
Sebagian pelaku bisnis online salah mengartikan cara menghasilkan uang dengan google admob. Ya, ada yang berpikir google admob hanya bagi mereka yang mengerti tentang coding untuk membuat sebuah aplikasi baik untuk android maupun platform lainnya.  
Pendapat di atas benar adanya. Namun ! Ternyata, tidak memerlukan ilmu coding sama sekali dan Anda sudah bisa dan siap menjadi publisher google admob. Aplikasi android bisa di buat dengan berbagai macam metode. Tidak percaya. Silahkan baca lebih lanjut. 

Kenapa admob, bukan yang lainnya ?
google admobBanyak program periklanan mobile selain Admob seperti Leadbolt, MobClix, MobFox, MoPub dan lain-lain.  Alasannya!
Seperti Anda ketahui Admob merupakan media periklanan berbasis android yang di miliki oleh perusahaan google. Tentu ini menjadi sangat menarik jika ingin meraup keuntungan. Perusahaan google sudah dipastikan tidak akan mengecewakan publishernya asal mematuhi kebijakan dan ketentuan yang berlaku. 

Mengintip bagaimana peluang menghasilakan uang dengan Admob ! 
Prospeknya. 
Semakin tahun perkembangan smartphone berbasis Android semakin tinggi pertumbuhannya. Bahkan smartphone harganya semakin relative murah, hanya mengeluarkan uang 600 ribu, orang sudah bisa memiliki smartphone android. 
Sudah bisa Anda bayangkan peluangnya ? 

Baca juga : Download Script Admob Pilot Versi 4

Ini sekilas gambaran pengguna smartphone di Indonesia
gambaran pengguna smartphone di Indonesia
Info Tambahan. Semakin tinggi download, semakin tinggi penghasilan. Ini buktinya.
Bukti
Alasan-alasan di atas bisa dijadikan acuan menghasilkan uang dengan admob dan mengintgrasinya pada aplikasi android dan sangat menguntungkan
Ingat ! Tanpa mengerti coding sama sekali.
No coding
Oke. Baca lebih lanjut hingga selesai.
Langkah #1 – Menyusun perencanaan
Plan. 
Penting atau tidak
Sebelum memulai berbisnis, rencana sangat penting. Dengan adanya sebuah rencana Anda tahu akan melangkah kearah mana. Semua pebisnis sudah menyusun sebuah perencanaan sebelum memutuskan memulainya.
Menyusun sebuah perencanaan
Pikirkan. 
Untuk aplikasi android ada dua hal yang perlu Anda pikirkan, sebelum Anda benar-benar ingin segera merealisasikannya. 

1.a Menyasar international
Kenapa International ? 
Ini sama halnya dengan sebuah blog yang di monetisasi dengan google adsense dan bahasa utamanya “Inggris. Jika menyasar konsumen international tentu keuntungan yang Anda dapatkan lebih besar.
Pengguna smartphone international jauh lebih besar dari pada dalam negeri.Satu hal lagi, nilai iklan luar negeri jauh lebih mahal dari pada dalam negeri.
Ini gambaran pengguna smartphone di dunia
Ini gambaran pengguna smartphone di dunia
1.b. Menyasar nasional
Apa salahnya mencoba menjajal dalam negeri
Sama seperti sebuah blog google adsense dengan bahasa utama ‘Indonesia’, akan sukses jika memiliki trafik yang tinggi. Sebuah aplikasi android juga menghasilkan secara maksimal, jika mendapat download yang banyak. Ini tergantung bagaimana kinerja Anda
Langkah #2 – Mempersiapkan email 

Seperti apa keperluannya
Email sangat penting untuk menautkan ke berbagai produk google. Jika Anda baru atau ingin memulai menghasilkan uang dengan google admob, lebih baik mendaftarkan email baru. 
Google Admob = Google = Google Adsense. 
Nah, sebagai publisher adsense tidak pelu lagi mendaftar email baru, cukup menautkan akun tersebut ke google admob dan selesai.
Penting ! 
Buatlah akun email baru untuk pendaftaran google developer
2.a. Mendaftarkan ke Google Admob
Ternyata proses pendaftaran admob tidak seribet pendaftaran google adsense. Tanpa menunggu persetujuan yang panjang dan tanpa memiliki sebuah aplikasipun, Anda langsung di terima menjadi publisher admob. Dibawah ini cara mendaftarkan email ke google admob.
Langkah mendaftar ke google admob, kunjungi http://www.google.com/admob
2.b. Mendaftarkan ke  google play developer
Apa itu?
Google play developer merupakan tempat untuk submit aplikasi android nantinya jika aplikasi sudah jadi.
Apa yang di perlukan ?
Untuk mendaftar ke google play developer harus mempunyai kartu kredit dan menyiapkan dana sebesar $25  sekitar 325 ribu rupiah.
Panduan mendaftar  Disini
Langkah #3 –  Persiapan Aplikasi
baiknya persiapan seperti apa  ?
Membuat sebuah aplikasi android membutuhkan persiapan yang jelas dan tepat. Ini beberapa langkah yang harus menjadi perhatian Anda.
3.a Tentukan jenis aplikasi
Secara garis besar ada 4 kategori berdasarkan google playstore.
1.Aplikasi
2.Game
3.Buku
4.Kios
Dari ke 4 kategori tersebut, lebih baik pilih salah satu diantaranya . ini untuk memudahkan Anda mengembangkan hingga menghasilkan.
3.b Riset kebutuhan aplikasi android
Riset.
Tanpa melakukan riset akan susah payah aplikasi android berkembang.
Bayangkan, Anda membuat sebuah aplikasi dan ternyata aplikasi sejenis sudah ada ribuan jumlahnya.
Kebutuhan juga sangat penting. Tentukan sasaran kebutuhan berdasarkan pengelompokan umur.
Misalnya : 
Tidak Cocok 
Aplikasi game adu strategi = umur 50-60 tahun.
Aplikasi buku sehat masa tua = umur 20-25 tahun.
Sangat cocok. 
Aplikasi game adu strategi = 20-30 tahun.
Aplikasi buku resep masakan = umur 20-50 tahun (ibu-ibu).
Riset –> Kebutuhan –> Do It
3.c Buat desain aplikasi yang menarik
Desain yang menarik tentu bisa menarik minat orang untuk mendownload.  Desain aplikasi android bisa di tentukan sesuai pilihan pada saat membuatnya, baca poin 3.d.
3.d Pilih media membuat aplikasi
Tahapan ini tergantung kemampuan, kebutuhan dan budget Anda. Tidak ada yang di sarankan, ketiga poin ini sama-sama bagus.
   3.d.a Cara manual
Dengan memutuskan ingin membuat sebuah aplikasi android secara manual, berarti Anda sudah siap di pusingkan dengan berbagai macam coding.
Cara ini bagi mereka yang sudah mengetahui seluk beluk coding tentunya.
Anda bisa belajar di sini.
  • appinventor.mit.edu
  • eclipse.com
  • developer.android.com
Panduan coding bagi Anda yang ingin tertantang silahkan belajar di situs twoh.co
   3.c.b Cara otomatis
Mempunyai dana namun tidak terlalu besar. Siapkan uang mulai dari 1 juta sampai 10 juta. Dan cari vendor developer android yang langsung bisa dikerjakan secara otomatis tanpa memusingkan permasalahan coding.
Beberapa referensi dari saya.
  • appmk.com
  • appmkr.com
  • infinitemonkeys.mobi
Namun, setiap vendor developer memiliki kekurangan dan kelebihan. Seperti :
  – Harus berlangganan setiap bulan
  – Pembayaran hanya untuk sebuah aplikasi saja
   3.c.c Menyewa jasa aplikasi berbayar
Banyak jasa yang siap membantu Anda menciptakan dan mengembangkan sebuah aplikasi android.
Berikut ini beberapa referensi
  • crocodic.com
  • appkey.co.id
   3.c.d Mencari vendor gratis
Serius.
Banyak vendor yang menawarkan mengembangkan aplikasi android. Letak kelemahannya Anda tidak di untungkan dari sistem bagi hasil. Tapi, jika Anda ingin mencobanya silahkan. 
Berikut beberapa referensinya :
  • appyet.com
  • appypie.com
  • appgeyser.com
Dan saya sangat tidak merekomendasikannya. 
3.e Integrasikan kode admob
Sebelum memasuki finalisasi aplikasi android, jangan lupa mengambil kode admob di akun Anda dan meletakkan ke aplikasi android tersebut.
Cara meletakkan kode admob ke aplikasi android berbeda tergantung vendor yang Anda gunakan.
3.f Goalkan aplikasi
Goal = Hasil
Sesudah semua selesai, silahkan goalkan aplikasi Anda dan tentu sebelum goal, aplikasi android sudah di review dan di uji kelayakan pada platform smartphone Android.
Langkah #4 – Submit aplikasi ke google play store
LANGKAH TERAKHIR SEBELUM PALING AKHIR.
Pada tahapan ini, aplikasi android sudah benar-benar siap untuk di submit ke google play store. Saat mensubmit aplikasinya, Anda di hadapkan pada dua pilihan yaitu berbayar (orang akan membeli aplikasi) dan gratis (mengintegrasi kode iklan admob).
Seperti judul artikel ini, saya mengulas bagaimana menghasilkan uang dengan google admob bukan menghasilkan uang dari penjualan aplikasi
Lanjut langkah terakhir
Langkah #5 – Kampanye aplikasi
Aplikasi bagus = tidak ada kampanye = hasil = Nol
Langkah terakhir sering di lupakan para pemula biasanya. Akan seperti apa jika sebuah aplikasi android tidak mendapat kampanye sama sekali. Sama seperti halnya sebuah partai politik, jika minim kampanye sudah di pastikan tidak ada yang memilih.
Aplikasi android menghasilkan secara maksimal, tergantung Anda melakukan kampanye.
Tidak percaya?
Aplikasi game Flappy Bird yang sudah di hapus pemiliknya, meraup penghasilan hingga 400 juta perhari hanya dengan periklanan admob.
Tahukah Anda !
Flappy Bird terkenal dan mendapat download yang banyak karena di review salah satu situs berita terbesar dunia yaitu huffington post.
Kampanye
Berikut beberapa refernsi media untuk kampanye :
5.a Via iklan  premium 

Persiapkan dana yang cukup untuk beriklan di google adword, iklan FB premium ataupun beriklan di situs-situs terbesar dalam negeri seperti situs detik, okezone, kompas, kapanlagi dan lain-lain. Ini cocok untuk developer android besar.
5.b Via social media
Sangat menguntungkan jika mempunyai fans base dalam jumlah yang besar.Ada banyak social media. Seperti facebook, google plus, twitter dan lain-lain. Gunakan akun Anda dengan maksimal sebagai media kampanye. Tidak ada dana yang Anda keluarkan, hanya sedikit semangat.
5.c Via blog atau website
Memiliki blog atau sebuah web sangat berguna memang. Tulis artikel (reveiew) menarik tentang aplikasi android Anda. Kemudian posting ke blog dan cari pengunjung sebanyak-banyaknya.
5.d Via forum-forum terbesar
Forum detik, kompas, ads id, bersosial, kaskus dan lain-lain. Kampanyekan aplikasi android secara natural dan normal di forum-forum tersebut secara bijak. Pada masa kampanye, hindari spam sebisa mungkin. Hal ini akan berdampak buruk terhadap masa depan aplikasi android Anda.

Baca juga :Cara Mendapatkan Gratis Kuota Paket Internet 13 GB Simpati Perbulan
PERHATIAN !
Segera mulai. Jangan takut untuk gagal. Sukses itu tidak datang dalam semalam. Baca ini. Masih ada yang ingin Anda tanyakan, jangan ragu. Sampaikan pada kolom komentar atau hubungi ke email saya.
5 Langkah Sukses Menghasilkan Uang dari Google Admob 5 Langkah Sukses Menghasilkan Uang dari Google Admob Reviewed by Abrizeni Duha Perbangga on 22:33 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.